projekt-heterologia


Common Room Fun Education Program 2007: Robot Goes to School
November 7, 2007, 9:36 am
Filed under: News

Robot Goes to School

Pada tanggal 29 September s/d 1 November 2007, Common Room bekerjasama dengan Divisi Robotika Unikom melakukan kunjungan ke beberapa SMA di kota Bandung. Program ini berkaitan dengan kegiatan Common Room Fun Education Program 2007: Robot Goes to School. Khusus untuk program kali ini, diperkenalkan aplikasi dan perkembangan teknologi robotika yang menampilkan beberapa robot cerdas karya mahasiswa Unikom. Sebagai informasi, Divisi Robotika Unikom selama 2 tahun terakhir telah meraih gelar juara Kompetisi Robot Cerdas Indonesia (KRCI).

Beberapa SMA yang dikunjungi dalam kegiatan ini adalah SMAN 2, SMAN 5 dan SMAN 24 Bandung. Selama beberapa hari, dipandu oleh Yusrila Kerlooza (Koordinator Divisi Robotika Unikom sekaligus pendiri Club Robot Bandung), para mahasiswa yang tergabung dalam Divisi Robotika Unikom mempresentasikan berbagai informasi dan pengetahuan yang terkait dengan perkembangan dan aplikasi teknologi robot cerdas. Dalam presentasinya, dijelaskan bagaimana teknologi robot cerdas sangat berguna untuk menggantikan tugas-tugas yang tidak dapat dilakukan oleh manusia. Para siswa SMA yang berkesempatan menyaksikan sesi presentasi dan tanya jawab mengikuti kegiatan dengan antusias.

Dalam kegiatan ini, Divisi Robotika Unikom menampilkan karya robot cerads berkaki (Tarantula 116) dan beroda (DU 114). Keduanya dilengkapi dengan mekanika elektronik dan teknologi sensor yang dipergunakan untuk melacak titik api. Dalam sesi tanya jawab, beberapa siswa SMA melontarkan beberapa pertanyaan yang terkait dengan aplikasi dan program yang dikembangkan untuk membangun teknologi robot cerdas. Kegiatan pengenalan teknologi robot ini telah dirancang sejak tahun lalu, namun baru dapat direalisasikan tahun ini. Ke depan, kegiatan Common Room Fun Education Program akan dijadikan kegiatan rutin sebagai wahana penyebaran ilmu pengetahuan dan informasi di bidang teknologi dan media baru. Berita terkait ada di halaman ini. Foto dokumentasi kegiatan bisa dilihat di Heterologia.


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a comment